Beri Suaka Pengungsi Rohingya, Indonesia Tuai Pujian Dunia

Home / Berita / Beri Suaka Pengungsi Rohingya, Indonesia Tuai Pujian Dunia
Beri Suaka Pengungsi Rohingya, Indonesia Tuai Pujian Dunia Manusia perahu, para pengungsi Rohingya sebelum diselamatkan nelayan Aceh. (FOTO: The Jakarta Post-Antara/Nova Wahyudi)

TIMESKALBAR, JAKARTAIndonesia menuai pujian dari lembaga dunia atas aksi heroik para nelayan Aceh dalam menyelamatkan para pengungsi Rohingya. Diketahui, para manusia perahu tersebut telah hidup terombang-ambing di laut selama beberapa bulan sebelum akhirnya diselamatkan.

Pujian ini dilayangkan beberapa organisasi internasional seperti United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), dan koalisi oraganisasi di Indonesia seperti Human Rights Working Group (HRWG), Amnesty International, serta Asosiasi Masyarakat Sipil Indonesia untuk Perlindungan Hak Pengungsi (SUAKA).

Dilansir dari The Jakarta Post, perwakilan UNHCR untuk Indonesia Ann Maymann mengatakan lembaganya siap mendukung pemerintah dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan tindakan karantina yang diperlukan.

“Indonesia telah beberapa kali menjadi negara yang memberikan contoh kepada negara lain. Indonesia juga pernah memberikan bantuan kemanusiaan para manusia perahu Rohingya di Aceh pada tahun 2015 dan 2018,” ucap Maymann melalui sebuah pernyataan tertulis pada Jumat (26/6/2020).

Sementara itu, koalisi sembilan orgaisasi social di Indonesia juga memuji dan menyatakan ungkapan terimakasihnya karena sudah membantu para pengungsi Rohingya untuk Kembali menjejakkan kaki mereka di daratan.

“Hal ini tidak akan terwujud tanpa bantuan pemerintah. Negara-negara ASEAN perlu menerima pengungsi Rohingya dan tidak menolak kelompok rentan yang kehidupannya semakin terancam di tengah laut,” ucap salah satu perwakilan dari koalisi.

Aksi penyelamatan pengungsi Rohingnya oleh nelayan Indonesia di Aceh dan bantuan nelayan setempat sejatinya masih merupakan sebuah awal dari rentetan langkah lainnya.

Pemerintah Indonesia mengungkapkan fokus utama adalah untuk menyediakan mereka dengan kebutuhan dasar, tempat tinggal sementara dan layanan kesehatan yang diperlukan yang memastikan mereka mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 di antara para pengungsi Rohingya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com