Dengan Tanoto Foundation, Dinas Pendidikan Bontang Harapkan Siswa Lebih Aktif

Home / Pendidikan / Dengan Tanoto Foundation, Dinas Pendidikan Bontang Harapkan Siswa Lebih Aktif
Dengan Tanoto Foundation, Dinas Pendidikan Bontang Harapkan Siswa Lebih Aktif Peserta pelatihan Guru SD dan MI berfoto bersama sebelum digelar pelatihan (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESKALBAR, BONTANG – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bontang bekerja sama dengan Tanoto Foundation menyelenggarakan pelatihan praktik modul 1 pembelajaran aktif dan budaya baca, di hotel Grand Mutiara, Rabu (26/02/2020).

Sebanyak 82 peserta guru SD dan MI  yang tergabung dalam 16 sekolah mitra binaan Tanoto Foundation mengikuti kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut.

Pelatihan untuk proses interaksi belajar mengajar ini sendiri menerapkan unsur pembelajaran aktif MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi). Kegiatan ini juga sebagai bentuk edukasi kepada tenaga pengajar agar lebih terampil dalam mengajar. Hal ini disampaikan Khundori Muhammad selaku penanggung jawab acara.

Khundori menambahkan, dalam penerapan unsur yang ada salah satunya akan mengajak guru memahami konsep mengajar yang lebih efektif. Serta dapat mendorong siswa untuk ungkap gagasan dan merefleksikan diri.

"Selain itu, para guru diajak untuk membuat pertanyaan tingkat tinggi, untuk mengajak siswa berpikir kreatif, karena guru yang baik ialah yang bisa membuat pertanyaan baik," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Bontang, Saparudin berharap dengan diadakannya pelatihan ini, pola mengajar para guru bisa berubah, lebih terampil dalam memberikan soal serta lebih baik dalam mengajar yang mengarah pada orientasi siswa.

"Kita mencoba mengubah mindset siswa untuk mendorong agar siswa lebih berpartisipasi serta aktif dibandingkan guru," ucap Saparudin.

Diketahui program pelatihan guru ini digelar atas kerjasama  4 kemitraan, diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang, Kementerian Agama, Pemerintah Kota Bontang dan Tanoto Foundation.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com