Pilkada Kota Malang 2018

Sutiaji: Tangkal Hoaks dengan Pendidikan Akhlak

Home / Berita / Sutiaji: Tangkal Hoaks dengan Pendidikan Akhlak
Sutiaji: Tangkal Hoaks dengan Pendidikan Akhlak Calon Wali Kota Malang Sutiaji dalam mengomentari Hari Kebebasan Pers se Dunia 2018. (FOTO: Istimewa)

TIMESKALBAR, MALANG – Berita bohong (hoaks) yang membanjiri media sosial menjelang Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019.

Hal ini tentu menjadi tantangan berat bagi pers dalam upaya memberikan informasi yang benar dan terpercaya.

Demikian analisis calon Wali Kota Malang Sutiaji dalam mengomentari Hari Kebebasan Pers se Dunia 2018 yang diperingati setiap 3 Mei. 

Dalam kaitannya dengan proses pelaksaaan pilkada kota Malang 2018, banyak beredar hoaks terkait pelaksanaan pilkada ataupun mengenai calon-calon yang bersaing.

Menurut Sutiaji, hoaks muncul karena turunnya kepercayaan masyarakat terhadap media mainstream. Masyarakat menilai media massa tidak lagi independen melaporkan informasi. 

Sutiaji menyatakan, untuk menangkal kabar dusta lebih menekankan pada pembenahan dan pembinaan akhlak melalui basis pendidikan yaitu rumah tangga, karena semua perilaku manusia pada hakikatnya berpangkal dari akhlak yang dimilikinya.

“Berita dusta tak akan mungkin keluar dari manusia yang berakhlak baik. Kabar hoaks hanya akan keluar dari pemikiran manusia yang hatinya diselimuti hawa nafsu yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya,” ujar calon Wali Kota Malang yang berpasangan dengan Sofyan Edi ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com