Rumah Pintar di Desa Brani Kulon Bisa Jadi Percontohan di Probolinggo

Home / Berita / Rumah Pintar di Desa Brani Kulon Bisa Jadi Percontohan di Probolinggo
Rumah Pintar di Desa Brani Kulon Bisa Jadi Percontohan di Probolinggo Mahdi (berselendang) saat menghadiri peresmian rumah pintar di Desa Branj Kulon, Probolinggo (FOTO: Kang Dolex for TIMES Indonesia)

TIMESKALBAR, PROBOLINGGORumah pintar Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Brani Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, bisa jadi percontohan desa lain.

Rumah pintar itu merupakan hasil sinergi pendamping PKH, pemerintah desa, dan pendamping desa.

Setiap hari Minggu, 90-an pelajar dari keluarga penerima manfaat (KPM) PKH, mendapatkan pendidikan tambahan di lima buah saung, yang dibangun dengan menggunakan dana desa (DD). 

Mulai pendidikan bidang pertanian dan peternakan, olahraga, teknik (instalasi listrik), dan bidang seni. Ada juga les bahasa Inggris dan komputer, yang rutin diberikan oleh muda-mudi desa setempat yang punya keahlian secara sukarela.

"Ini program inspiratif. Memberikan pendidikan keahlian tambahan kepada anak-anak desa dengan cara menyenangkan karena dilaksanakan di alam terbuka," kata anggota DPRD Jatim, dapil Probolinggo-Pasuruan, Mahdi.

Karena itu, lanjutnya, rumah pintar tersebut bisa jadi percontohan bagi desa lain, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa. 

Saat peresmian rumah pintar, Minggu (6/5/2018), Mahdi yang kini menjadi pimpinan komisi D di DPRD Jatim, turut hadir. Begitu pula dengan perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com